Jumat, 18 Oktober 2013

Pilihan Mobil Bekas Khusus Nissan

By : Danang Wasito

Selama ini Nissan kerap tercitra sebagai merek yang andal membuat mobil nyaman. Selain nyaman, pabrikan yang bermarkas di Yokohama, Jepang itu juga terkenal akan ketangguhannya dan fitur canggih.

Di Indonesia Nissan punya banyak variasi jenis. Mulai dari sedan, SUV, hatchback, double cabin hingga MPV. Mayoritas dari mereka punya penerimaan yang baik karena cocok dengan selera masyarakat Tanah Air.

Terpenting, sebagai mobkas populasinya mereka terhitung banyak. Tentu memudahkan Anda untuk mencari mobil bekas produk Nissan dengan kondisi yang baik. Berikut adalah pi­lihan keluarga Nissan yang patut dijadikan incaran jika Anda ingin membeli mobil.

Nissan Navara CRD 2.5 LE

Nissan Teana 250 XV

Tahun: 2008-2011

Mesin: 2.488 cc 4-silinder turbodiesel, 174 dk

Harga: Rp 260-300 juta

+ Kabin lega, fitur, nyaman

- Populasi, cengkeraman roda

Modelnya yang elegan, membuat mobil ini asyik diajak untuk ber-off-road maupun dikendarai di jalan beraspal. Dengan suspensinya yang empuk, Navara masih mampu memberikan stabilitas baik saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Mesinnya adalah salah satu yang paling bertenaga di jagad pikap kabin ganda. Kemampuan off-roadnya sedikit terganggu oleh cengkeraman roda standar yang terasa kurang menggigit. Fitur? Banyak. Lampu Xenon, dual airbags, rem ABS, EBD, BA sudah jadi kelengkapan standar.

Nissan Juke CVT RX

Tahun: 2010-2012

Mesin: 2.496 cc V6, 182 dk

Harga: Rp 340-380 juta

+ Bantingan suspensi, kehalusan mesin, derum V6

- Pengendalian, konsumsi BBM

Nissan Teana memang dilahirkan sebagai passenger oriented. Biarpun mobil Jepang, bantingan suspensinya bagaikan mobil kelas premium Eropa yang terkenal nyaman.

Tapi karena fokusnya ke kelembut­an, pengendaliannya sedikit dikorban­kan. Mesin V6 menghasilkan impresi positif. Derumnya merdu dan karakter tenaga merata dari bawah-atas. Memiliki mobil ini lebih enak menggunakan supir, karena ruang utamanya adalah di belakang yang legroom-nya lega.

Nissan Grand Livina 1.5 XV

Tahun: 2011-2012

Mesin: 1.498 cc 4-silinder 114 dk

Harga: Rp 200-210 juta

+ Fitur, konsumsi BBM, ground clearance

- Akomodasi, bagasi terbatas

Salah satu daya tarik Juke adalah fitur. Crossover Nissan ini dalam kondisi standar sudah dilengkapi mode pengendaraan Normal, Sport dan Eco. Sehingga mampu menyesuaikan dengan karakter pengemudi. Tak hanya itu, fitur macam voice command, Wi-Fi untuk akses internet dan input audio flashdisk ada padanya.

Tapi sayang akomodasinya terbatas. Kabin belakang bukanlah tempat paling lega bagi penumpang dewasa. Begitu juga dengan kapasitas kargo yang tak luas. Konsumsi BBM Juke cukup istimewa. Di dalam kota ia bisa berjalan dengan efisiensi 14 km/l

Nissan March XS A/T

Tahun: 2009-2012

Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 109 dk

Harga: Rp 135-165 juta

+ Konsumsi BBM, fun to drive, bantingan empuk

- Legroom baris ketiga, tenaga di putaran bawah

Mempunyai kapasitas penumpang hingga 7 orang dan pengendaliannya yang baik, membuat Nissan Grand Livina banyak diminati pasar. Suspensinya bisa dikategorikan lembut, sehingga nyaman untuk perjalanan jauh.

Kesan fun to drive dirasakan dari posisi mengemudi dan kelincahan handling. Mesin memang baru terasa galak di putaran atas, tapi begitu menyentuh puncak, tenaganya begitu terasa. Yang kami suka dari MPV ini adalah konsumsi BBM tergolong hemat.

Nissan X-Trail 2.5 XT

Tahun: 2010-2012

Mesin: 1.198 cc 3-silinder, 76 dk

Harga: Rp 120-130 juta

+ Hemat BBM, kabin lapang, model cantik

- Akselerasi otomatis, headrest kursi belakang, limbung

Sebagai Small Hatchback, Nissan March memiliki kabin seperti Compact Hatchback, lapang. Didukung legroom lega, membuat penumpang tidak cepat lelah selama perjalanan. Selain itu, untuk bantingan suspensinya pun terbilang empuk.

Sayang headrest kursi belakang menyatu dengan kursi. Dengan ketinggian yang tak bisa diatur, agak mengurangi kenyamanan saat ingin bersandar. Mesin 3- silindernya tangguh. Nissan March tergolong irit dalam mengkonsumsi BBM. Sedikit catatan, akselerasi pada versi otomatis jauh lebih lamban dibanding model manual.

Nissan Evalia XV A/T

Tahun: 2011-2013

Mesin: 2.488 cc 4-silinder, 170 dk

Harga: Rp 270-330 juta

+ Transmisi, bantingan suspensi, kabin luas, praktis

- Desain siap berganti model, pengendalian

Sebagai mobil SUV, Nissan X-Trail menwarkan kenikmatan berkendara yang tidak diragukan. Hal tersebut didukung oleh bantingan suspensi yang lembut. Perpindahan giginya halus karena menggunakan teknologi transmisi CVT.

Sayangnya dengan desain yang agak mengotak, mobil ini terlihat agak kurang agresif. Walapun demikian kabin Nissan X-Trail menawarkan nilai kepraktisan yang tinggi. Hal tersebut bisa di lihat dari bagasi yang luas dan dilengkapi laci.

Nissan Serena HWS

Tahun: 2012-2013

Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 109 dk

Harga: Rp 165-175 juta

+ Bantingan empuk, kamera mundur, pintu geser

- Akses baris ke-3, tenaga di putaran rendah

Mobil keluarga Nissan ini memiliki kabin yang lapang. Untuk versi termewahnya Nissan Evalia Sudah dilengkapi roof monitor, AC double blower, kamera parkir dan keyless entry. Di antara mobil lain di kelasnya, ia salah satu yang paling empuk.

Penyematan pelek 14 inci dirasa kurang cocok untuk ukuran dimensinya yang besar. Dan saat putaran rendah mobil ini terasa kurang bertenaga. Meski posisi duduk dirasa kurang ideal, Evalia mampu memberikan visibilatas yang luas.

Tahun: 2010-2012

Mesin: 1.997 cc 4 silinder, 137 dk

Harga: Rp 225-250 juta

+ Bantingan suspensi, kabin lapang, jok captain seat

- Limbung, handling, posisi setir

Sebagai mobil keluarga, Nissan Serana mempunyai nilai kepraktisan yang tinggi. Akses luas dan tempat penyimpanan banyak. Jok baris kedua pun bisa diputar dan dilengkapi handrest (captain seat).

Namun jangan berharap pada kelincahan pengendalian karena orientasinya memang untuk kenyamanan. Ia terasa agak limbung di tikungan. Tak hanya itu, posisi kemudinya seperti People Carrier, agak tegak dengan setir yang cenderung datar.